Future Waiting For You!

Rabu, 28 Oktober 2015

Multimedia


  • Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.

VISI
Mewujudkan tenaga menengah yang professional dalam bidang multimedia sesuai tuntutan dunia industri dengan etos kerja yang tinggi dan memiliki sikap hidup mandiri.

MISI
  1. Mengembangkan sikap dan ketrampilan peserta didik dalam keahlian multimedia 
  2. Menguasai ketrampilan dalam pengoperasian komputer multimedia
  3. Menguasai ketrampilan dalam penggunaan perangkat lunak multimedia.
  4. Mampu mengembangkan pembuatan multimedia yang relevan dengan tuntutan kebutuhan masyarakat.
TUJUAN PROGRAM KEAHLIAN MULTIMEDIA
  1. Menyiapkan tamatan professional yang memiliki ketrampilan dalam bidang multimedia bagi dunia kerja.
  2. Menyiapkan tenaga kerja yang mampu mengembangkan diri dan mampu berkompetisi dalam dunia kerja multimedia.
  3. Mengembangkan ketrampilan multimedia seiring perkembangan teknologi yang ada.
  4. Menyiapkan tenaga kerja yang memiliki sikap berakhlak mulia, sehat, cakap, kreatif, mandiri, demokratis, tanggung jawab, disiplin dan jujur.
  5. Dapat menjadi tenaga terampil yang mampu berwiramandiri.

Lulusan diharapkan dapat menempati bidang pekerjaan multimedia dibeberapa jenis industri multimedia sebagai berikut :

Jenis Industri
1. Industri PengembangWebsite
2. Industri Pengembang Multimedia
3. Industri Pembuat Game
4. Industri Rumah Produksi Sinema/Film
5. Industri Media
6. Industri Periklanan

  1. PROYEKSI TAMATAN DALAM JANGKA WAKTU 5 TAHUN
Rencana distribusi tamatan pada jenis industri multimedia.
No. Jenis Industri 2015 2016 2017 2018 2019
1. Industri PengembangWebsite. 18 18 18 18 18
2. Industri Pengembang Multimedia 18 18 18 18 18
3. Industri Pembuat Game 18 18 18 18 18
4. Industri Rumah Produksi Sinema/Film 18 18 18 18 18
5. Industri Media 18 18 18 18 18
6. Industri Periklanan 18 18 18 18 18
  • PELUANG BERWIRA MANDIRI :
  1. Membuka jasa Pembuatan Website
  2. Membuka jasa Pemeliharan Website
  3. Membuka jasa Pembuatan Multimedia
  4. Membuka jasa Pembuatan Permainan (Games)
  5. Membuka jasa Pembuatan Media Simulasi
  6. Membuka jasa Pembuatan Video Klip
  7. Membuka jasa Pembuatan iklan
  • PROFIL KOMPETENSI TAMATAN
No. Kompetensi Sertifikat
1. Mengoperasikan software dan periferal digital illustration, digital imaging, dan web design Adobe Certified Expert dan Macromedia Certified Professional
2. Mengoperasikan software dan periferal multimedia, presentation, 2D animation,dan 3D animation Adobe Certified Expert dan Macromedia Certified Professional
3. Mengoperasikan software dan periferal digital audio, digital video, dan visualeffects Adobe Certified Expert dan Macromedia Certified Professional


  1. KURIKULUM
    1. Program Normatif
 No.  Mata Pelajaran Durasi Waktu (Jam)
1.1 Pendidikan Agama 192
1.2 Pendidikan Kewarganegaraan 192
1.3 Bahasa Indonesia 192
1.4 Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 192
1.5 Seni Budaya 128


  1. Program Adaptif
 No.  Mata Pelajaran Durasi Waktu (Jam)
2.1 Bahasa Inggris 440
2.2 Matematika Teknologi 516
2.3 Ilmu Pengetahuan Alam 192
2.4 Fisika 276
2.5 Ilmu Pengetahuan Sosial 128
2.6 KKPI 202
2.7 Kewirausahaan 192

  1. Program Produktif
 No.  Mata Pelajaran Durasi Waktu (Jam)
3.1 Mengoperasikan periferal grafis 18
3.2 Melakukan entry data [grafis] denganmenggunakan Image scanner (Level1) 24
3.3 Mengoperasikan periferal web 18
3.4 Melakukan entry data [web] denganmenggunakan Image scanner (Level 2) 24
3.5 Mengoperasikan periferal multimedia 18
3.6 Melakukan entry data [multimedia] denganmenggunakan Image scanner (Level 2) 24
3.7 Mengoperasikan periferal animasi 3 dimensi 18
3.8 Mengoperasikan periferal perekam suara 18
3.9 Mengoperasikan periferal perekam gambar 18
3.10 Mengoperasikan software pengolah gambarvektor ( digital illustration) 59
3.11 Mengoperasikan software pengolah gambarraster ( digital imaging) 62
3.12 Mengoperasikan software web design 76
3.13 Mengoperasikan software animasi 2D ( 2Danimation) 79
3.14 Mengoperasikan software FTP 80
3.15 Mengoperasikan software multimedia 81
3.16 Mengoperasikan software presentasi (Level 2) 93
3.17 Mengoperasikan software basic 3D animation(Level 1) 92
3.18 Mengoperasikan software model 3D animation(Level 2) 85
3.19 Mengoperasikan software digital audio 81
3.20 Mengoperasikan software digital video 96
3.21 Mengoperasikan software visual effects 78

  1. Program Muatan Lokal
 No.  Mata Pelajaran Durasi Waktu (Jam)
4.1 Bahasa Jawa 106
4.2 Instalasi Jaringan Komputer 50

0 komentar:

Posting Komentar