Mungkin kita sering menyia-nyiakan waktu atau membuang-buang waktu kita
hanya untuk hal yang tidak terlalu penting dan tidak bermanfaat. Karena
hal itu maka kita harus bisa mengatur dan memanfaatkan waktu dengan
sebaik-baiknya. Lalu bagaimanakah cara mengatur waktu dengan baik???
Waktu adalah uang (Time is Money). Karenanya anda harus benar-benar
menghargai waktu. Jangan sampai anda membuang waktu sia-sia, semuanya
itu terlalu berharga. Kalau kita mau menilik sebentar saja kehidupan di
dunia ini banyak sekali orang yang membiarkan waktunya berjalan begitu
saja tanpa ada yang dikerjakan begitu juga sebaliknyabanyak orang yang
menghabiskan waktunya untuk bekerja tanpa memperdulikan keluarganya.
Agar anda ingin mengatur waktu dengan baik maka ikutilah tips berikut :
1. Rencanakanlah hari Anda setiap pagi dengan menuliskan hal-hal yang
wajib Anda lakukan. Tandai setiap pekerjaan yang telah diselesaikan pada
hari itu.
2. Jangan mengunjungi teman sebelum terlebih dahulu memberikan kabar kepadanya atau menghubunginya lewat telepon.
3. Senantiasa menyimpan pulpen, kertas, dan buku catatan dalam kantong
bajumu, untuk mencatat setiap rencana yang akan dilakukan.
4. Rencanakan waktu istirahat dan usahakan supaya berbarengan.
5. Manfaatkan waktu dengan membaca, menghafal, dan pekerjaan positif lainnya.
6. Jika membuat janji, maka tegaskanlah bahwa kedua belah pihak telah menyetujui waktu, tempat, dan alamatnya secara meyakinkan.
7. Perkirakanlah lama perjalanan menuju tempat yang dijanjikan dan
tambahkanlah beberapa saat (baca:menit), sebagai kehati-hatian atas
hal-hal yang tidak terduga sehingga dapat sampai tepat pada waktunya.
8. Persiapkanlah alat-alat/rujukan yang dibutuhkan ada ditangan Anda
sebelum memulai pekerjaan, apakah pekerjaan itu memasak (bagi ibu-ibu),
atau menulis makalah, atau mempersiapkan ceramah, atau pekerjaan
lainnya.
9. Jauhilah orang-orang yang suka mencuri waktu Anda yang memiliki sikap egois.
10. Janganlah mengambil keputusan untuk pergi dalam rangka menyelesaikan
sebuah pekerjaan jika memungkinkan diselesaikan dengan menulis
surat/menghubunginya lewat telepon.
11. Jika ada beberapa keperluan kecil/ada beberapa barang yang harus
dibeli, maka catatlah dalam daftar yang memuat seluruh keperluan
tersebut.
12. Luangkan waktu untuk keluarga anda sekedar untuk makan, belanja atau berlibur bersama.
0 komentar:
Posting Komentar