Future Waiting For You!

Rabu, 11 November 2015

BAHAYANYA ASAP KENDARAAN BERMOTOR

Bahaya Asap Kendaraan Bermotor
 
Indahnya Bumi tidak dapat kita rasakan lagi seperti dulu. Birunya langit kini berubah menjadi hitam yang menakutkan. Hijaunya pohon yang rindang kini berubah menjadi lahan yang menakutkan. Pencemaranlah yang mengubah semuanya, salah satunya yaitu pencemaran udara. Kendaraan bermotor merupakan salah satu penyebabpencemaran udara.
Di kota besar seperti Jakarta mungkin sudah tidak terhitunglagi jumlah kendaraan bermotor, kepadatan dan kemacetan lalu lintas merupakan hal yang biasa terjadi di Jakarta. Namun, apakah kita memikirkan dampak negatifdari asap kendaraan bermotor? Badan Kesehatan Dunia (WHO)menempatkan Jakarta sebagai kota dengan tingkat polusi tertinggi ketiga didunia, setelah Meksiko dan Thailand. Sumber polusi terbesar dihasilkan asap kendaraan bermotor yang mencapai 70 persen.
#Bahaya asap kendaraan disebabkan karena adanya zat-zat berbahaya yang terkandung di dalam asap kendaraan. Zat- zattersebut adalah :
Karbon dioksida
Karbondioksida tergolong gas rumah kaca, sehingga peningkatan kadar karbon dioksidadi udara dapat mengakibatkan peningkatan suhu permukaan bumi.
Karbon monoksida
Gas ini bersifat racun, dapat menyebabkan rasa sakit pada mata, saluran pernafasan dan paru-paru. Jika masuk ke dalam darah melalui pernafasan, karbonmonoksida bereaksi dengan hemoglobin dalam darah membentuk COHb(karboksihemoglobin).
Oksida belerang
OksidaBelerang, apabila terisap oleh pernapasan, akan berekasi dengan air dalam saluran pernapasan dan membentuk asam sulfat yang akan merusak jaringan dan menimbulka nrasa sakit. Oksidasi belerang juga dapat larut dalam air hujan dan menyebabkanhujan asam.
Oksida nitrogen
NOx bereaksidengan bahan-bahan pencemar lain dan menimbulkan fenomena asap-kabut atau smog. Smog menyebabkan berkurangnya daya pandang, iritasi pada mata dan saluran pernapasan, membuattanaman layu, serta menurunkan kualitas materi.
Penyakit yang bisa timbul dari asap kendaraan bermotor sungguh luar biasa, yaitu bronchitis, emphysema pulmonum, bronchopneumonia, cor pulmonale kronikum, kanker paru, penyakit jantung, kanker lambung dan masih banyak penyakit yang lain sungguh mengerikan dan parahnya kita tidak bisa menghindar dari asap kendaraan bermotor.
Penulis studi, Gregory Wellenius dari Centre for Environmental Health and Technology, BrownUniversity, mengatakan bahwa paparan partikel yang mencemari udarameningkatkan risiko stroke iskemi. "Sudah ada banyak studi yang memperlihatkan hubungan antara polusi udara dan risiko stroke," kata Dr Peter Coleman, pejabat tinggi sebuah lembaga penelitian stroke. "Studi terbaru ini semakin meyakinkan bahwa polusi udara meningkatkan risiko stroke bagi masyarakat urban." Asap kendaraan bermotor tidak hanya memicu penyakit fisik, tapi polusi yangberasal dari asap kendaraan juga bisa memicu penyakit mental, yaitu sifat agresif dan gelisah.
Asap kendaraan bermotor terbang bebas kesana kemari bahkan meracuni kita pada saat kita di rumah, bersantai dan tidur. Kelihatanya tidak ada jalan individu untuk selamat dari semua itu, artinya harus bersama - sama untuk mengatasinya denga ncara menanam tanaman di sekitar lingkungan kita, menggunakan sepeda untuk bepergian, serta mengimbau kepada seluruh masyarakat melalui media telekomunikasi untuk melestarikan dan menjaga bumi kita agar tetap indah dan sehat untuk kehidupan generasi berikutnya.

0 komentar:

Posting Komentar