Future Waiting For You!

Selasa, 10 November 2015

Sejarah SMK Negeri 8 Semarang


Sejarah Sekolah Kita


     Pada mulanya di kota Semarang hanya ada satu Sekolah Pekerja Sosial Atas (SPSA) yaitu SPSA Semarang yang berlokasi di Jl. Imam bonjol semarang yang berdiri tahun 1961. SPSA adalah sekolah khusus yang mempunya jenjang pendidikan 4 tahun.
      SMK Negeri 8 Semarang merupakan salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia yang sejak tahun pelajaran 1994/1995 telah ditunjuk sebagai SMK yang melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG). PSG adalah suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian profesional yang memadukan secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia kerja, terarah untuk mencapai suatu tingkat keahlian profesional tertentu. Pelaksanaannya melalui Praktek Kerja Industri (Prakerin) yang mulai diberlakukan pada siswa tingkat I semester II sebagai masa orientasi kerja/pengenalan kerja dengan jangkawaktu 1 bulan dan tingkat II semester V selama 2 bulan sebagai masa pelatihan kerja dengan dibantu pembimbing di Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI), masa kerja dengan bimbingan guru dan DU/DI, dengan persiapan tugas akhir sebagai syarat mengikuti Uji Kompetensi oleh LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi).
      Saat ini SMK Negeri 8 Semarang mempunyai dua jurusan yaitu Pekerjaan Sosial (Peksos) dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Untuk tahun ajaran 2007/2008, sekolah membuka satu jurusan lagi yaitu Multimedia.

1 komentar:

  1. Sekolah Pekerjaan Sosial Atas Semarang bermula dari Sekolah Pendidikan Kemasyarakatan yang berdiri tahun 1951 bukan 1961, pada tahun 1959 baru berubah menjadi SPSA statusnya Sekolah Swasta Bersubsdi belum Sekolah Negeri

    BalasHapus