Future Waiting For You!

Rabu, 11 November 2015

Makanan Khas Semarang

MACAM -MACAM MAKANAN

 
Semarang - Tak hanya soal destinasi, Semarang juga punya kuliner yang lezat. Selain bandeng presto, inilah enam kuliner paling enak di Semarang. Lidah Anda pun dibuat bergoyang. Maknyus!

Selain Bandung dan Yogya, Semarang juga merupakan surganya kuliner. Berbagai macam jajanan dan makanan khas, wajib Anda cicipi saat traveling ke ibukota Provinsi Jawa Tengah tersebut. Rasanya dijamin nendang!, berikut  kuliner paling enak di Semarang:

1. Lumpia



Semarang identik dengan lumpia. Ya, Lumpia Semarang adalah jajanan yang paling diburu traveler saat berkunjung ke sana. Tak sulit untuk mencari jajanan yang satu ini. Biasanya traveler berburu lumpia di sekitar Simpang Lima.

Lumpia di Semarang terkenal dengan lezatnya. Lumpia tersebut adalah perpaduan rasa antara Tionghoa dan Indonesia. Tambahkan cabai dan acar asam, maka rasanya tidak akan pernah anda lupakan. Biasanya, harga satu lumpia sekitar Rp 10 ribu.

2. Babat Gongso



Wingko babat khas Semarang


Makanan yang terbuat dari kelapa dan beras ketan ini, awalnya berasal dari Babat, Jawa Timur. Namun, seiring waktu, justru menjadi jajanan khas andalan Semarang. Awalnya, jajanan berbentuk bulat ini, hanya memiliki satu rasa saja, kelapa. Tapi, karena banyaknya permintaan pasar, maka inovasi rasa diciptakan. Kini Anda dapat menikmati variant rasa wingko babat seperti coklat, durian, nangka dan lain-lain dari toko jajanan di jalan Pandanaran, Stasiun Tawang, Stasiun Poncol dan pusat penjualan Wingko Babat di Jalan Cendrawasih.
 


3. Ganjel Rel 


Salah satu makanan khas kota semarang yang cukup dicari adalah ganjel rel. Ya, namanya memang terkesan jauh dari nama makanan dan orang yang belum pernah makan makanan ini pasti tidak akan bisa membayangkan seperti apa rasa makanan khas kota semarang ganjel rel ini.
Ganjel Rel ini adalah sebuah roti yang berwarna cokelat dengan taburan wijen diatasnya. Salah satu makanan khas semarang ini memiliki rasa yang agak manis, memakai campuran gula aren sebagai pemanisnya dan beraroma kayu manis yang bisa membuat lidah bergoyang. Dari teksturnya ganjel rel memiliki dua tekstur yang berbeda yaitu agak keras dibagian lapisan atasnya dan lembut dan ulet dibagian dalamnya. Karena teksturnya itu pula makanan yang sekarang sudah mulai jarang ini sangat baik untuk dijadikan sebagai sarapan pagi ditemani dengan secangkir teh hangat..hmmm.
Ganjel rel merupakan jenis makanan peninggalan Belanda, dengan resep yang beredar turun temurun sampai sekarang jadilah makanan ini menjadi salah satu makanan khas kota Semarang. Ganjel Rel atau biasa disebut juga dengan nama Roti Gambang ini adalah makanan yang sangat populer dimasa lalu, dinamakan Ganjel Rel karena memang bentuknya yang mirip dengan bantalan kereta api dan rasanya kurang lengkap jika berkunjung ke kota Semarang tanpa mencicipi atau membawa ganjel rel sebagai oleh oleh khas Semarang.
Oh iya, menurut salah seorang teman yang kuliah di Semarang, roti ganjel rel ini juga memiliki sebutan roti ospek, kenapa ? karena dulu setiap kali ospek, roti ini menjadi salah satu barang yang harus dicari dan memang sudah mulai agak susah untuk menemukan ganjel rel ini, katanya sih hanya ada beberapa toko saja yang menjualnya.




4.Bandeng Presto
 

Bandeng Presto ini adalah masakan paling khas dan terkenal dari kota Semarang. Bahan dasarnya, tentu saja ikan bandeng, dimasak panci dengan panas dan tekanan tinggi atau biasa disebut presto. Saat ini, sudah ada panci khusus presto. Ciri khas dari bandeng presto duri ikan bandeng yang lunak hingga mudah dan enak untuk dimakan. Duri pada ikan, diketahui mengandung gizi yang tinggi, kalsium juga omega yang memperkuat kinerja otak.
Selain bandeng presto, di sentra-sentra penjualan bandeng presto yang banyak tersebar di kota Semarang, disediakan juga menu bandeng, yang dimasak dengan cara berbedam seperti banding dipepes, otak-otak, dipanggang ataupun digoreng kremes. Untuk banding presto biasa dan dilengkapi sambal. Bandeng presto sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh, karena ketahanannya disimpan dalam lemari pendingin untuk waktu yang cukup lama. Bila Anda berkesempatan jalan-jalan di Semarang, cobalah ke pusat jajanan tradisional di sepanjang jalan Pandanaran untuk memborong bandeng presto yang gurih.

5. Tahu Pong

Jenis tahu khas Semarang ini, lain dari biasanya. Dinamakan Tahu Pong karena memang tahu ini tak berisi alias kopong, tahu yang bagian luarnya digoreng kering sedang bagian dalamnya berongga. Jika Anda ingin mencoba sensasi gurih garing dari tahu pong ini, silahkan mampir ke sekitar Jalan Gadjah Mada dan Jalan Depok. Tahu Pong juga biasa dinikmati dengan petis.

0 komentar:

Posting Komentar