Future Waiting For You!

Rabu, 11 November 2015

Pentingnya Ideologi Bagi Suatu Negara

Arti Pentingnya Ideologi bagi Suatu Negara|  
Pentingnya ideologi dilihat dari fungsi dan peranannya. Makna dan arti ideologi bagi suatu negara/bangsa adalah sesuatu memiliki fungsi sebagai pandangan hidup dan sebagai petunjuk arah semua dalam kehidupan hidup serta penghidupan bangsa di berbagai aspek-aspek atau bidang dalam kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara. Sebelum mengarah ke topik kita 'Pentingnya Ideologi bagi Suatu Negara' , masih ingatkah teman-teman mengenai pengertian ideologi itu sendiri ?...Secara umum, Pengertian Ideologi adalah kumpulan suatu gagasan-gagasan, ide-ide, keyakinan-keyakinan dengan menyeluruh dan sistematis, menyangkut seluruh bidang kehidupan manusia. 

Pentingnya Ideologi Bagi Suatu Negara - Ideologi suatu negara sangat penting karena sangat bermakna dalam bagi suatu negara. Pentingnya ideologi bagi suatu negara dapat disimpulkan dalam beberapa point-point antara lain sebagai berikut... 
  • Negara mampu membangkitkan kesadaran mengenai kemerdekaan, memberikan orientasi mengenai dunia beserta isinya, serta memberikan motivasi perjuangan untuk mencapai apa yang dicita-citakan.
  • Dengan ideologi nasionalnya suatu bangsa dan negara dapat berdiri kukuh dan tidak mudah terombang ambing oleh pengaruh ideologi lain serta dalam menghadapi persoalan-persoalan yang ada. 
  • Ideologi memberikan arah dan tujuan yang jelas menuju kehidupan yang di cita-citakan. 
  • Ideologi dapat mempersatukan orang dari seluruh pandangan hidup atau berbagai ideologi 
  • Ideologi mempersatukan orang dari seluruh agama 
  • Ideologi memiliki arti yang penting karena mampu mengatasi konflik atau ketegangan sosial 
Indonesia menganut ideologi Pancasila, karena pancasila merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia. Pancasila berfungsi sebagai petunjuk arah bagi seluruh rakyat indonesia dalam membentuk sikap, moral, watak, perilaku, tata nilai, etika karena Pancasila adalah way of life. Dengan demikian, pancasila selalu terpancar dalam segala tingkah laku dan perbuatan setiap rakyat indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar